Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan situasi yang dialami Indonesia kini tidak mudah. Ada peluang Indonesia menjadi negara maju tapi tidak boleh salah langkah.

“Peluangnya besar kita akan menjadi negara maju,” ungkap Jokowi dalam Rakernas Kesehatan di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/4/2024)

Jokowi menyebut masyarakat dengan usia 15-20 tahun kini kursial.

“Semuanya harus mengerti dulu masalah ini puncak demografi ada di tahun 2030an. Dan 68% dari penduduk kita berada di usai produktif. Ini kesempatan besar dan peluang biasanya hanya terjadi sekali dalam peradaban sebuah negara,” terangnya.

“Gak muncul dua kali apalagi 3 kali negara maju,” tegas Jokowi.




Sambutan Presiden Jokowi pada Raker Kesnas 2024, Tangerang, 24 April 2024Foto: Sambutan Presiden Jokowi pada Raker Kesnas 2024, Tangerang, 24 April 2024. (Tangkapan Layar Youtube)
Sambutan Presiden Jokowi pada Raker Kesnas 2024, Tangerang, 24 April 2024

Apabila gagal, maka Indonesia hanya akan menjadi negara berkembang dalam waktu yang panjang. Seperti yang kini dialami oleh Amerika Latin.

“Kalau tidak mohon maaf negara-negara Amerika Latin tahun 1950-1960-1970 sudah menjadi negara berkembang. Tetapi karena tak bisa menggunakan peluang yang ada sampai saat ini juga tetap menjadi negara berkembang. Ini tidak boleh terjadi,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


RI Siap Jadi Negara Maju, Jokowi: Gerbangnya Sudah Kelihatan


(mij/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *