Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Hirwandi Gafar mengungkapkan, Indonesia tengah mengalami kelebihan pasokan apartemen. Di sisi lain, dia mengatakan, pembiayaan perumahan menghadapi tantangan dari sisi supply dan demand (pasokan dan permintaan). 

Hal itu disampaikan saat ditanya soal rencana program yang dicanangkan Prabowo Subianto saat kampanye jelang Pilpres 2024 lalu. Yang akan membangun 3 juta unit rumah di seluruh Indonesia, di pedesaan, pesisir, dan perkotaan. 

“Konsentrasi saat ini di demand, padahal dari sisi supply juga perlu diperhatikan. Dari sisi supply, BTN sendiri sudah menyediakan bagaimana ketersediaan untuk pembiayaan lahan, lalu dari sisi pembangunan rumah. Kita support sisi ekosistem supply,” katanya dalam Propertinomic CNBC Indonesia, Rabu (24/4/2024).

“Dari sisi demand juga menarik karena masyarakat kita itu beragam. Ada yang berpenghasilan rendah, pendapatan tanggung, ada yang menengah, ada yang ke atas. Tentu, pendekatannnya kita sesuaikan dengan tingkat kelas ekonominya,” jelas Hirwandi.

Ke depan, lanjut dia, BTN akan terus mendukung pembiayaan perumahan di Tanah Air, baik untuk yang high rise building (bangunan tinggi seperti apartemen), maupun landed (rumah tapak). 

“Bicara tahun 2024-2025 dan ke depan, tentu kita akan tetap support. Dalam hal ini, kita lihat arah pembangunan perumahan, masyarakat  sukanya di mana?,” katanya.

“Karena fenomenanya adalah, 5-10 tahun lalu ke belakang, masyarakat memang gandrung memiliki apartemen. Sehingga, developer pun membangun apartemen cukup masif. Akibatnya, kita over supply apartemen. Ini cukup menjadi masalah, juga dari sisi developernya,” jelas Hirwandi. 

Saat ini, lanjutnya, tren yang sedang masif adalah pembangunan rumah tapak.

“Nah, kita support di situ. Baik dari sisi pembiayaan pembebasan lahannya, juga konstruksinya,”  kata Hirwandi. 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bos Pengusaha Real Estat Beberkan Jurus Propertinomic, Apa Itu?


(dce/dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *