Jakarta, CNBC Indonesia – PT PLN (Persero) mengungkapkan perusahaan akan mengembangkan hingga 2.000 tiang listrik yang akan dimanfaatkan sebagai charger mobil listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti. Dia mengungkapkan usai dilakukannya uji coba pemasangan SPKLU di tiang listrik, pihaknya akan memansang hingga 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Insya Allah tahun (2024) ini kami akan menambah lagi 2.000 SPKLU pada tiang listrik yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya seperti dalam keterangan resminya pada acara Konferensi Pers PEVS 2024, dikutip Rabu (24/4/2024).

Dia menyebutkan hal itu juga sebagai upaya perusahaan untuk mengakselerasi penambahan infrastruktur kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air.

Edi mengatakan pihaknya juga membuka kemitraan untuk bisa mengembangkan SPKLU dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di dalam negeri.

“Kami juga terus bekerja sama dengan berbagai stakeholder seperti Periklindo untuk mengedukasi masyarakat agar beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ucapnya.

Selain itu, dia menyebutkan perseroan juga terus mensosialisasikan kelebihan kendaraan listrik dibanding kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat. Hal ini juga selaras dengan agenda transisi energi yang dijalankan Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emissions pada 2060.

Adapun, dia klaim pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap ekosistem kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur secara masif di tanah air.

Setidaknya, PLN hingga saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 1.299 unit SPKLU, 9.800 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 1.900 SPBKLU di Indonesia. “Ketersediaan Infrastruktur EV ini sudah sangat mencukupi, di mana bisa kita lihat pemudik EV tahun ini yang meningkat 5 kali lipat dari tahun sebelumnya dapat mudik dengan nyaman, tanpa masalah, tidak ada keluhan dan antrian yang menumpuk,” tandasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: Dukung Pertumbuhan EV, Hingga 2023 PLN Bangun 624 SPKLU


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *