Jakarta, CNBC Indonesia – Sejarah baru resmi ditorehkan oleh Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia U-23. Mereka berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat (26/4/2024).

Kemenangan tim Indonesia pun mendapatkan banyak sorotan dari media asing. AFP, misalnya, melaporkan hal ini melalui artikel bertajuk ‘Indonesia one step from Olympics after beating South Korea’.

“Masyarakat Indonesia merayakan kemenangan setelah tim putra mereka yang penuh semangat mengalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 melalui adu penalti yang dramatis, membuat mereka selangkah lagi lolos ke Olimpiade untuk kedua kalinya dalam sejarah,” tulis media tersebut.

Dalam laporannya, AFP juga menyebut Timnas RI mengalahkan rival Korsel 11-10 melalui adu penalti. Ini setelah bermain imbang 2-2 di Doha pada Kamis malam waktu setempat.

Media asal Jepang, Nikkei Asia, juga melaporkan hal ini melalui artikel bertajuk ‘South Korea men’s soccer team falls to Indonesia, misses Paris Olympics’. Isi pemberitaannya tak jauh berbeda dari media Korsel, The Korea Times dengan judul ’10-man Korea loses to Indonesia to miss out on Paris Olympic football qualification’.

“Korea Selatan akan melewatkan turnamen sepak bola putra di Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 1984 setelah kalah adu penalti dari Indonesia di perempat final Piala Asia U-23 pada Kamis,” tulis Nikkei.

“Tiga tim teratas akan lolos ke Paris Games, dan Indonesia mencapai empat besar dengan memenangkan adu penalti 11-10 setelah skor tetap imbang 2-2 melalui perpanjangan waktu,” tambahnya.

Sementara media Korsel menyebut turnamen di Doha merangkap sebagai turnamen kualifikasi AFC untuk Olimpiade Paris. “Dengan gagal di semifinal, rekor berturut-turut Korea berkompetisi di turnamen sepak bola putra Olimpiade berakhir di angka sembilan,” tulis media tersebut.

Sementara media asal Vietnam, VN Express, menilik kemenangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, yang berujung perpanjangan kontrak lewat artikel berjudul ‘Heroic football coach Shin extends Indonesia contract’.

“Sebagai penutup dramatis dari kesepakatan yang paling dinantikan sepak bola Indonesia, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah mengonfirmasi bahwa kontrak pelatih bintang Shin Tae Yong akan diperpanjang hingga 2027,” tulis media tersebut.

“Pelatih Shin Tae-yong dan saya telah sepakat untuk melanjutkan kerja sama hingga tahun 2027,”¬†muatnya mengutip Eric Thohir.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Media Asing Tiba-Tiba Sorot Anies Baswedan di Pilpres RI, Ada Apa?


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *