Jakarta, CNBC Indonesia – Ketatnya persaingan pasar mobil di RI kembali memakan korban. Kali ini, Peugeot resmi mengundurkan diri dari pasar otomotif Indonesia setelah 52 tahun memasarkan mobilnya di dalam negeri. Melihat dari sisi penjualan, merek mobil Prancis ini memang mencatatkan penjualan yang tidak menggembirakan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya ada 28 unit yang terjual di kuartal pertama tahun 2024 ini. Sedangkan di tahun 2023 hanya menjual 199 unit. Namun, Peugeot membantah faktor hengkang karena penjualan.

“Tidak ada hubungan dengan penjualan. Ini murni bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Stellantis (Prinsipal Peugeot) untuk di kawasan ASEAN,” kata Chief Executive PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation Rokky Irvayandi kepada CNBC Indonesia, Jumat (3/5/2024).

Jika menarik ke belakang, penjualan Peugeot juga tidak bisa dikatakan baik, misalnya lima tahun lalu yang masih di angka 100an unit dalam setahun.

“Penjualan 2019 berdasarkan data Gaikindo 129 unit,” ungkap Rokky.

Padahal, mobil ini sudah ada di Indonesia sejak 52 tahun silam atau dari 1972, lebih dulu dari salah satu penguasa pasar Daihatsu yang baru masuk ke Indonesia 6 tahun kemudian, yakni tahun 1978.

Ketika pertama masuk ke RI, Multi France Motor menjadi agen dan distributor tunggal layanan purna jual kendaraan-kendaraan Perancis termasuk Renault. Pada tahun 2006, bisnis Peugeot di Indonesia berubah dan berganti nama menjadi Astra Peugeot Sales Operation.

Namun hingga hengkang dari RI, Peugeot masih belum memiliki pabrik di dalam negeri.

Kini layanan aftersales Peugeot di Indonesia hanya menyisakan 4 diler resmi, yakni Peugeot Sunter (Jakarta), Peugeot Cilandak (Jakarta), Peugeot Solo, dan Peugeot Surabaya. Pasalnya, brand dari Prancis ini sudah tidak lagi melayani penjualan mobil.

“Terkait stok unit, saat ini sudah tidak ada,” kata Rokky.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Beda Nasib dengan Toyota & Daihatsu, Mobil Astra Ini Gak Laku di RI


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *