Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden Joko Widodo memastikan akan mengintegrasikan program-program presiden terpilih Prabowo Subianto ke dalam Rencana Kerja Pemerintah 2025. Termasuk di dalamnya adalah program makan siang gratis yang termasuk ke dalam Asta Cita Prabowo-Gibran.

“Kenapa? Karena memang beliau yang akan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan, tugas-tugas konstitusional untuk melakukan pembangunan pada tahun yang akan datang. Jadi tentu rencana kerja pemerintah tahun 2025 juga harus gitu, bukan hanya mengakomodasi, jadi juga di-streamline dari yang disebut dengan Asta Cita program yang dikenalkan oleh presiden terpilih,” ujar Suharso setelah acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Ia pun memastikan Kementerian PPN/Bappenas mengkaji semua variabel program makan siang gratis. Terdapat lima variabel yang dipaparkan Suharso.

“Pertama, siapa targetnya? kita merasionalkan secara teknokratis, karena itu tugasnya dari Bappenas, siapa yang paling pantas untuk mendapatkan itu? jadi target group-nya. Yang kedua, frekuensinya. Frekuensinya seminggu berapa kali? Dua kali kah? Tiga kali? Itu harus dipastikan,” kata Suharso.

Yang ketiga, menurut dia, adalah standar gizi. “Berapa kalori yang akan kita berikan? berapa persen dari kebutuhan kalori satu hari? Apakah 30 persen, apakah 40 persen, apakah 50 persen? Nah itu,” ujarnya.

Yang keempat, menurut Suharso, jenis-jenis pangan. Dia bilang jenis-jenis pangan itu harus tersedia lokal. “Jangan sampai beli telur dari tempat lain, beli tempe dari tempat lain, beli tahu dari tempat lain, beli ikan dari tempat lain. Tetapi adalah di tempat itu sendiri sehingga bisa menumbuhkembangkan ekonomi yang ada di sana,” kata Suharso.

Yang kelima, menurut dia, terkait pengorganisasian pelaksanaan program. “Siapa yang akan melaksanakan program itu? Kita sudah punya pengalaman dengan belanja operasional sekolah. Kita akan timang apakah itu dimungkinkan seperti itu. Karena kita tidak bisa disentralisir itu. Wah itu nanti banyak hal yang tidak kita ingin terjadi,” ujar politikus senior PPP itu.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Makan Siang Gratis Bikin Parah Defisit APBN 2025? Airlangga Buka Suara


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *