Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara angkat suara perihal realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2024. Menurut Badan Pusat Statistik, perekonomian tanah air tumbuh 5,11% sepanjang tiga bulan pertama tahun ini.

“Hasil 5,11% itu menurut saya hasil yang baik,” ujar Suahasil kepada wartawan di sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Menurut dia, pencapaian itu menjadi landasan yang baik untuk ekonomi Indonesia di 2024. Suahasil berharap tren positif berlanjut di kuartal II, kuartal III, dan kuartal IV.

Laju pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 4,91%. Lalu, investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 3,79%.

Adapun ekspor hanya mampu tumbuh 0,50%, konsumsi pemerintah sebesar 19,9%, dan konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumahtangga (LNPRT) menjadi yang terbesar, yaitu tumbuh 24,29%. Impor pun hanya tumbuh 1,77%.

“Kita tahu kemarin itu mungkin konsumsi cukup tinggi. LNPRT ya karena periode pemilu itu juga cukup tinggi. Jadi moga-moga habis ini memberikan lebih kepastian sehingga dunia usaha kemudian pick up,” katanya.

“Dunia usaha, investasi bisa menjadi sumber pertumbuhan yang juga cukup tinggi berikutnya,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


25 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi 2023, Ada RI?


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *