Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Jokowi menyampaikan capaian kinerja pembangunan infrastruktur selama 10 tahun di depan para kepala daerah pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri Seremoni Musrenbangnas 2024 yang diadakan oleh Kementerian PPN/Bappenas. Musrenbangnas berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024) yang dihadiri oleh para kepala daerah. Musrenbangnas 2024 digelar untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema ‘Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’

“Kita telah membangun bendungan 42 bendungan selama 10 tahun, Insya Allah akan selesai mungkin 60-an tahun ini. Kalau meleset dikit ya 54 bendungan. Karena yang lain dikebut pasti akan selesai,” kata Jokowi.

Ia juga  mengatakan pemerintah sudah membangun jalan tol 2.049 km selama 10 tahun terakhir, dan jalan nasional 5.833 km, pelabuhan baru 25 unit, airport baru 25 bandara. Namun, ia mengatakan jumlah ini  masih tidak cukup, sehingga masih harus ditambah lagi.

“Kalau jalan tol sudah dibangun, bappeda mestinya melihat disambung ke mana, ini kan utama poros utamanya, sambungkan ke wilayah pariwisata, perkebunan, pertanian yang produktif, sentra kerajinan. Itu yang harusnya dikerjakan daerah. Kalau nggak sanggup sampaikan ke pusat,” kata Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jokowi Pamer ke IKN Lewat Tol Cuma 45 Menit, Pesawat 15 Menit


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *