Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Jokowi menyiapkan dana Rp 15 triliun untuk membantu pembangunan jalan-jalan rusak di daerah yang tak bisa didanai pemerintah daerah pada 2024. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah telah dimulai secara serentak di seluruh Nusantara dimulai sejak akhir Juli 2023.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Musrenbangnas digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Jokowi mengatakan pemerintah sudah membangun jalan nasional 5.833 km, yang bisa disambungkan ke wilayah pariwisata, perkebunan, pertanian yang produktif, sentra kerajinan oleh masing-masing pemerintah daerah.

“Itu yang harusnya dikerjakan daerah. Kalau nggak sanggup sampaikan ke pusat. Pak ini ada rencana ke sentra kerajinan sarung misalnya mebel misalnya, tapi kita nggak sanggup,” kata Jokowi.

“Sekarang kan sudah ada bisa dikerjakan lewat Inpres jalan daerah, tahun lalu abis Rp 14,6 triliun, untuk perbaikan jalan rusak, tahun ini disiapkan lagi Rp 15 triliun,” tambahnya.

Namun, Jokowi berpesan agar pembangunan jalan yang jadi prioritas yang bisa mendongkrak ekonomi. “Jangan sampai jalan dipakai harian aja, tapi harus ada ini jalan produktif ke pertanian perkebunan, ini timbulkan return ekonomi. Ini yang harus dikalkulasi daerah,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Jokowi Tunjukkan Bukti Aturan Presiden Boleh Kampanye


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *