Jakarta, CNBC Indonesia – Cuaca ‘neraka’ di Eropa telah membuat benua tersebut dihantam tekanan panas ekstrem yang belum pernah dialami sebelumnya.

Menurut badan pengawas Bumi Uni Eropa, Copernicus, dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), polutan yang memerangkap panas yang menyumbat atmosfer turut mendorong suhu di Eropa pada tahun lalu ke tingkat tertinggi atau tertinggi kedua yang pernah tercatat.

Masyarakat Eropa menderita panas yang belum pernah terjadi sebelumnya di siang hari dan stres karena kehangatan yang tidak nyaman di malam hari. Menurut laporan gabungan State of the Climate dari kedua organisasi tersebut, tingkat kematian akibat cuaca panas telah meningkat 30% di Eropa dalam dua dekade.

“Biaya yang harus ditanggung untuk melakukan tindakan terhadap perubahan iklim mungkin terlihat mahal,” kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo, “tetapi akibat dari tidak adanya tindakan terhadap perubahan iklim jauh lebih tinggi,” katanya, dilansir The Guardian, Senin (22/4/2024).

Laporan tersebut menemukan bahwa suhu di seluruh Eropa berada di atas rata-rata selama 11 bulan pada 2023, termasuk bulan September terpanas sejak pencatatan dimulai.

Cuaca panas dan kering memicu kebakaran besar yang menghancurkan desa-desa dan mengeluarkan asap yang menyelimuti kota-kota yang jauh. Kebakaran yang dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sangat dahsyat di negara-negara selatan yang dilanda kekeringan seperti Portugal, Spanyol, dan Italia.

Yunani dilanda kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat di Uni Eropa, yang membakar 96.000 hektare lahan.

Hujan deras juga menyebabkan banjir mematikan. Laporan tersebut menemukan bahwa Eropa memiliki tingkat basah sekitar 7% pada tahun 2023 dibandingkan rata-rata selama tiga dekade terakhir, dan sepertiga dari jaringan sungainya melewati ambang batas banjir “tinggi”. Seperenam mencapai level “parah”.

“Pada tahun 2023, Eropa menyaksikan kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat, salah satu tahun terbasah, gelombang panas laut yang parah, dan banjir besar yang menghancurkan,” kata Carlo Buontempo, direktur layanan perubahan iklim Copernicus.

“Suhu terus meningkat, menjadikan data kami semakin penting dalam persiapan menghadapi dampak perubahan iklim.”

Peran pemanasan global terhadap peningkatan curah hujan tidak selalu jelas. Udara yang lebih hangat dapat menahan lebih banyak kelembapan, sehingga memungkinkan terjadinya badai yang lebih ekstrem, namun perubahan iklim yang rumit menyebabkan air tidak selalu tersedia untuk jatuh.

Namun untuk gelombang panas, hubungannya jauh lebih kuat. Laporan tersebut tidak memberikan angka jumlah kematian akibat panas pada tahun 2023, namun para ilmuwan memperkirakan jumlah kematian pada tahun 2022 adalah 70.000 kematian tambahan.

Jumlah kematian terkait panas pada tahun 2023 kemungkinan besar akan lebih tinggi, kata Friederike Otto, ilmuwan iklim di Imperial College London, yang tidak terlibat dalam laporan tersebut. “Bagi sebagian besar kematian ini, panas tambahan yang disebabkan oleh emisi bahan bakar fosil akan menjadi penentu antara hidup dan mati.”

Laporan ini muncul dua minggu setelah Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan bahwa kebijakan iklim Swiss yang lemah melanggar hak asasi sekelompok perempuan lanjut usia, yang lebih mungkin meninggal akibat gelombang panas.

Keputusan tersebut membuat semua negara di Eropa rentan terhadap kasus-kasus pengadilan yang mendorong mereka untuk menerapkan kebijakan yang menjaga agar suhu bumi tidak mencapai 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri pada akhir abad ini.

Ana Raquel Nunes, asisten profesor kesehatan dan lingkungan di Universitas Warwick, yang tidak terlibat dalam laporan tersebut, mengatakan tindakan segera untuk melindungi kesehatan dan memasukkannya ke dalam kebijakan iklim adalah “penting.”

“Apapun yang kurang dari itu, berarti mengabaikan perlindungan dan pandangan masa depan yang layak mereka dapatkan bagi generasi mendatang,” katanya.

Selain menyoroti kerusakan iklim yang ekstrem, para ilmuwan juga menyoroti tingginya jumlah listrik yang dihasilkan dari sumber terbarukan. Pada tahun 2023, 43% listrik berasal dari energi terbarukan, naik dari 36% pada tahun sebelumnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: BMKG Ingatkan Puncak Musim Hujan, Jakarta Waspada Banjir!


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *